Selasa, Juli 26, 2011

A Little Opinion

Seorang teman pernah bertanya padaku, arti dari :
'mencintai dg hati serta menyayangi dg kasih'
...atau terbalik ya ?
Whatever, important pertanyaannya semacam itu, hhe.
Hmm, awalnya heran juga dg pertanyaan yg dilontarkannya, hanya sebuah pengertian.
Yah waktu itu ingin saja aku menjawab 'tanyakan saja pada Ungu' hha.
Lantas perlahan aku tau, pertanyaan itu bermula dari sebuah shout di salah satu akun jejaring sosial milik kekasihnya, hmm, I know the point ;)



Barulah setelah itu terpikir untuk mencoba memaparkannya, meski terus tertunda karena beberapa tugas dan final test, ini dia, pandanganku, pendapatku, akan kukatakan, saat ini, disini.
Well, setiap orang punya pendapat berbeda u/ tema ini, apa pun kata yg digunakan u/ mewakilkannya, tetap saja ia sebuah 'cinta'.
Kutarik 4 poin utama dari pertanyaan itu :
cinta, hati, sayang, kasih


¤ Cinta, lagi lagi kata ini :) terus saja ia dibicarakan tanpa ujung, karena ia adalah cinta, sebuah kata abstrak, namun penuh rasa, miliki ribuan bahkan jutaan makna, ia adalah haru biru, ia adalah suka cita, ia adalah cinta, ketulusan, pengorbanan, dan kembali pada setiap kata yg teruntai dr bibir para pujangga, tafsirkan saja, yg pasti ia adalah fitrah dr Yang Kuasa.

¤ Hati, secara biologis, hati adalah organ tubuh yg multifungsi, struktural yg luar biasa, lunak, namun dapat menampung sari ataupun serat kecil dan mengubahnya menjadi penuh manfaat.
Hmm, back to topic, hati, tempat ragam rasa tinggal,
pernahkah kau berfikir, bagaimana seseorang menyimpulkan bahwa sesuatu yg dirasakan itu ada dalam hati ?
Mengapa mereka tak katakan semua dirasakan pada jantung, paru paru, atau selaput darah ? Padahal tempatnya hampir sama, dalam dada.
Yupz, for Ur information, dalam Al Qur'an telah dijelaskan bahwa segala rasa, hikmah, cita cita terletak pd hati manusia, sedemikian detail Allah merealisasikannya, tak tergapai oleh akal, tak tercapai oleh ilmu apapun.
Subhanallah.
Itulah hati, nyata namun abstrak adanya, ada namun nampak tiada, kecil namun lapang lingkupnya.
Itulah hati, mungkin dapat kau pahami ?
^^

¤ Sayang, tak jauh dari kata 'cinta'. Maybe, kembar siam beda rupa. Entahlah.
Definisinya tak terukur menurutku, karena setiap orang memiliki kadar rasa yg berbeda. Tak akan pernah sama, setitik debu pun besarnya.
Dan aku...
Menurutku, sayang itu ketulusan, tak jauh dari cinta, karena ia juga pengorbanan, tak berbeda dg cinta, karena ia juga harapan.
Kadang, aku pun tak tau, lebih besar mana antara sayang dg cinta, tetapi, it was not important, it just words, pembuktian adalah yg utama :)

¤ Kasih, pada dasarnya ia tak berbeda dg sayang, namun tak jarang ia digandengkan dg kata 'sayang'.
Lihat saja pada puisi puisi cinta, atau lagu lagu yg sering kau dengarkan, sebenarnya boros kata kata, tapi kau suka kan ? Ia akan lebih indah, atau lebih tegas, pengulangan.



So, menurutku (lagi)..
Mencintai dg hati, adalah mencintai dg sebenar-benarnya cinta, tak sekedar kata 'aku cinta kamu' (dan semacamnya), tak perlu apa-apa, cukup buktikan dg hati, sedalam-dalam rasa cinta yg kau miliki.
Menyayangi dg kasih, sayang yg tak sekedar ungkapan, sayang dg kasih adalah sayang pada kasta tertinggi, bedakan saja, kau sayang kucingmu, bukumu, dll, dg sayang pd seseorang yg memang kau sayang ?
Kau sayang bukumu, masih boleh dong dipinjam temanmu, tp tidak untuk 'dia' (yg berarti untukmu)
Sayang dg kasih adalah menyayangi dg penjagaan, dg kelembutan, dan dg segala perlakuan indah lainnya.

Well' itulah aku dan pendapatku, any Question ?

(write on Sunday, June 12, 2011 at 5:24am)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar